19/11/11

Tidur Siang,Yuk !!



Sibuk Sibuk
   Sejak bangun tidur di pagi hari,semua organ tubuh mulai bekerja.Otak mulai sibuk membagi-bagi tugas.Misalnya,"Mata,ayo,segera buka kelopakmu! Hari sudah siang." Perlahan-lahan,mata pun terbuka.Sesudah itu,tubuh yang terbaring mulai bangun.Kaki siap melangkah.Lalu,tangan siap bertugas menyirami tubuh dengan air.
   Kemudian,masih ada sederetan tugas menanti.Sepiring sarapan harus segera disantap.Ini saatnya untuk tangan,mulut,gigi,dan pencernaan bekerja.
   Lalu? Sekolah.Di sekolah,hampir semua organ tubuh bekerja keras.Otak harus berpikir dan mencerna pelajaran.Hmm,pantas,kan sepulang sekolah,kita sering merasa lelah? Kalau saja organ tubuh kita bisa bicara,mungkin mereka akan berkata,"Capek,deeehh!!"

Butuh Istirahat
   Itulah sebabnya,mengapa orangtua sering menyuruh kita tidur siang.Saat tidur itu,semua organ tubuh beristirahat.Sebenarnya,istirahat itu tidak perlu tidur,kok.Cukup dengan duduk atau berbaring.Istirahatkan matamu dengan cara tidak menonton atau membaca sesuatu.Lalu,tidak melakukan kegiatan apapun,supaya otot-otot istirahat.Istirahatkan juga telinga dengan tidak mendengarkan sesuatu,kecuali musik yang lembut.
   Berapa lama istirahatnya? 30 menit cukup untuk memulihkan kondisi tubuh dan otak.Sesudah itu,tubuh yang lelah bisa segar dan bersemangat kembali.Kita pun bisa melakukan kegiatan selanjutnya dengan lebih baik.
   Kalau gak istirahat? Tubuhmu bisa kelelahan.Begitu juga dengan otakmu.Akibatnya? Teman-teman bisa kesulitan konsentrasi saat belajar.Eh,katanya,tidur siang itu bisa bikin gemuk,ya? Eits,siapa bilang? Menurut penelitian para ahli,tidur siang enggak akan bikin gemuk.Jadi? Yuk,tidur siang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar