21/08/11

Kamus Dapur Kita

Oleh : Rini Agit Thomas

     Memasak bisa dipelajari baik secara langsung,turun temurun dari orang tua,tetangga,sahabat atau teman,maupun dipelajari dari buku-buku atau majalah dalam dan luar negeri.Namun,terkadang keinginan memasak tersebut sedikit terganjal dari istilah-istilah asing yang terdapat dalam majalah,yang cukupsulit untuk dipahami.Oleh sebab itu sekedar berbagi informasi,berikut ini saya turunkan beberapa istilah yang mungkin sedikit membantu para pembaca dalam memahami resep-resep masakan dan dapat membuat serta menyusun menu masakan yang lezat untuk keluarga tercinta.

BERDASARKAN JENIS MAKANAN,yaitu:
  1. Indonesia Food. Semua makanan yang ada di Indonesia termasuk makanan khas daerah, contohnya : nasi goreng,rujak cingur,empek-empek,dsb.
  2. Oriental Food . Jenis makanan yang berasal dari negara-negara di kawasan Asia terutama Asia Timur (Cina,Jepang,Korea),Asia Barat (India,Pakistan),Asia Tenggara (Thailand,Vietnam,Philiphina), contohnya : steam boat,tempura,Vietnam noodle,wanton,dsb.
  3. Western Food . Semua jenis makanan yang berasal dari negara-negara barat (Eropa,Amerika,dll), contohnya : seafood salad,hamburger,dsb.
                Berdasarkan penyajian makanan Western Food,yaitu:
  • Appetizer . Makanan pembuka, contohnya : salad,dsb.
  • Soup . Sup , contohnya : sup krem jamur,dsb.
  • Main Dish . Makanan utama,nasi atau roti beserta lauk pauk dan sayur.
  • Dessert . Makanan penutup, contohnya : ice cream,pudding,dsb.
  • Coffee or Tea . Kopi atau teh.
               Berdasarkan waktu Western Food,yaitu:
  • Breakfast . Sarapan.
  • Brunch . Pertengahan antara sarapan dan makan siang.          
  • Lunch . Makan siang.
  • Dinner . Makan malam.
  • Supper . Makan tengah malam.

BERDASARKAN METODE MEMASAK,yaitu:
  1. Stewing          : Merebus bahan dasar makanan yang sebetulnya bahan dasar tersebut sudah dimasak terlebih dahulu dalam proses penumisan.
  2. Steaming       : Proses memasak bahan dasar makanan dengan teknik merebus bahan dasar tersebut dalam air,selanjutnya hingga mendidih dan matang.
  3. Baking           : Proses memasak bahan makanan dengan cara memanggang bahan makanan tersebut dalam oven.
  4. Grilling           : Proses memasak bahan makanan dengan cara memanggang bahan makanan di atas panggangan dengan alat penghantar panas berupa arang atau gas.
  5. Braising        : Proses pengolahan bahan dasar dengan cara merebus dalam kaldu.
  6. Deep frying  : Proses memasak atau menggoreng makanan dengan menggunakan volume lebih banyak daripada makanan yang dimasak.
  7. Frying           : Proses memasak atau menggoreng makanan dengan menggunakan minyak sebagai bahan pemasaknya.
CARA MENAWARKAN MAKANAN DILAKUKAN DLM BENTUK (biasanya di restoran),yaitu:
  1. Ala Carte . Hidangan pilihan, contohnya: lihat daftar menu kemudian pilih sesuai selera, mie goreng, cap cay, es campur,dll.
  2. Fixed Menu / table d'Hote . Menu tetap di sebuah restoran khas, misalnya KFC, sate madura, coto makassar,dll.
  3. Buffet . Hidangan prasmanan,terdiri dari aneka jenis masakan yang sudah siap disantap, contohnya: pada jamuan pesta, makan di hotel-hotel, restoran besar,dsb.
  4. Todays Special / chefs suggestion . Hidangan khas hari ini. Contoh di restoran tertentu menyediakan menu khusus.Terkadang menu khusus ini disesuaikan dengan musim atau event, misalnya: pada musim mangga,terdapat ayam goreng saus mangga,atau pudding durian sutera atau nasi uduk special valentine,dsb.  
Semoga bermanfaat bagi Anda..  :-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar